UMKM Adalah : Pengertian dan Contohnya

UMKM Adalah : Pengertian dan Contohnya

Tingginya jumlah pengangguran dikarenakan sulitnya memperoleh pekerjaan, membuat banyak orang mulai bergeser menjadi seseorang pengusaha. Hal ini lah yang membuat banyak industri yang bermunculan. Mulai dari usaha kecil sampai usaha besar digeluti oleh warga. Tetapi yang sangat banyak digeluti oleh warga dikala ini ialah UMKM.       Apa itu UMKM?   Terdapat banyak sekali […]

Author 04

-

umkm adalah

Tingginya jumlah pengangguran dikarenakan sulitnya memperoleh pekerjaan, membuat banyak orang mulai bergeser menjadi seseorang pengusaha. Hal ini lah yang membuat banyak industri yang bermunculan. Mulai dari usaha kecil sampai usaha besar digeluti oleh warga. Tetapi yang sangat banyak digeluti oleh warga dikala ini ialah UMKM.

 

 

 

Apa itu UMKM?

 

Terdapat banyak sekali komentar tentang UMKM ini, tetapi secara universal umkm ialah singkatan dari Usaha Mikro Kecil dan Menengah. UMKM adalah suatu usaha perniagaan yang dikelola oleh perorangan ataupun orang dan sesuatu badan usaha tertentu dalam lingkup yang masih kecil.

 

Tetapi buat lebih jelasnya, UMKM sendiri berasal dari kata Usaha mikro, Usaha kecil, dan Usaha menengah. Dimana usaha mikro ialah usaha yang dipunyai ataupun dikelola oleh perorangan ataupun badan usaha kepunyaan perorangan. Kriteria dari usaha ini ialah mempunyai kekayaan bersih optimal Rp50 juta tidak hanya tanah dan bangunan.

 

Sebaliknya usaha kecil dimaksud selaku usaha yang berdiri sendiri dan dipunyai oleh perorangan ataupun badan usaha. Dimana kekayaan bersih pelaku usaha kecil merupakan antara Rp50 juta sampai Rp 500 juta, tidak hanya tanah dan bangunan tempat usaha.

 

Terakhir, usaha menengah ialah usaha ekonomi produktif yang berdiri sendiri. Usaha menengah ini dipunyai orang perorangan ataupun badan usaha, namun bukan anak dari industri besar ataupun cabang dari industri besar. Dimana jumlah kekayaan bersih pelaku usaha menengah merupakan antara Rp500 juta sampai Rp10 miliyar.

 

Memandang dari ketiga pengertian usaha tersebut. Oleh karena itu UMKM dimaksud selaku sesuatu usaha perniagaan yang dikelola oleh perorangan ataupun sesuatu badan usaha dalam lingkup yang masih kecil.

 

 

Baca Juga : Bisnis Kopi Yang Besar : Pelajari Hal Berikut Ini Sebelum Memulai

 

 

 

Contoh UMKM

 

Terdapat banyak sekali contoh UMKM, Tetapi disini aku hendak merangkum 12 contoh UMKM( Usaha Mikro Kecil dan Menengah) yang bisa jadi dapat kalian coba, antara lain:

 

 

1. UMKM Kuliner

 

umkm adalah
umkm adalah

 

Kuliner merupakan salah satu contoh UMKM( Usaha Mikro Kecil dan Menengah) yang banyak sekali ditemui di Indonesia apalagi dapat ditemui dengan gampang di segala wilayah. Hal ini karena bisnis kuliner tercantum bisnis yang potensial dan tidak hendak sempat mati. Kenapa demikian?

 

Sebab santapan sendiri ialah kebutuhan pokok seluruh orang. Serta nyatanya hendak senantiasa dicari tiap harinya.

 

Tidak cuma itu, di Indonesia sendiri bisnis kuliner apalagi menyumbang nyaris 41, 40 persen PDB( Produk Dalam negeri Bruto) ekonomi kreatif Indonesia dengan nilai menggapai 383 triliun rupiah.

 

Terlebih dengan terdapatnya suatu layanan antar santapan dikala ini semacam Go Food dan Grabfood. Dengan menggunakan layanan antar santapan online, kalian mempermudah mereka yang padat jadwal ataupun tidak dapat berangkat ke toko buat memperoleh santapan dengan gampang.

 

Ditambah lagi, dikala ini pula mayoritas orang menggemari hal praktis dan serba online. Hingga dapat ditentukan bisnis kuliner hendak terus menjadi berjaya terus kedepannya.

 

Tidak cuma itu, macam usaha kuliner yang dapat dibesarkan juga pula sangat banyak. Mulai dari es cream homemade, toko makan tradisional, toko kue roti, juice, kopi, gorengan, keripik, catering, dan banyak lagi.

 

Apalagi rata- rata bisnis kuliner tersebut mempunyai modal yang kecil. Sehingga sesuai dibesarkan oleh seluruh orang dari bermacam golongan.

 

Misalkan saja usaha gorengan. Dimana rincian modal awal mulanya kira- kira semacam ini, gerobak dengan harga Rp 2 juta, perlengkapan memasak dengan harga Rp 500 ribu, tabung gas dan kompor dengan harga Rp 350 ribu. Hingga total modal dini yang kalian butuhkan cuma Rp. 2. 850. 000.

 

Buat bayaran operasional tiap bulannya sendiri ialah bahan baku buat gorengan dekat Rp 3 juta, minyak goreng sebesar Rp. 600. 000, gas elpiji Rp. 200. 000, keperluan lain- lain sebesar Rp. 200. 000. Hingga total modal operasional yang kalian butuhkan cuma 4 juta.

 

Lumayan terjangkau bukan? Bila dibanding dengan usaha besar yang memerlukan modal sampai miliaran rupiah.

 

Tidak cuma itu, keuntungan yang dapat kalian miliki dari membuka usaha gorengan ini pula lumayan menjanjikan. Misalnya saja dengan ditaksir gorengan yang mempunyai harga Rp. 1000 terjual sebanyak 300 buah per harinya, hingga dalam satu bulan ataupun 30 hari kalian hendak memperoleh pemasukan kotor sampai Rp. 9 juta.

 

Hal ini berarti, modal dini kalian juga telah kembali, dan kalian pula senantiasa memperoleh keuntungan dini. Terlebih bila ditambah dengan keuntungan penjualan bulan selanjutnya. Nyatanya keuntungan kalian hendak terus menjadi besar.

 

Terdapat banyak sekali contoh usaha UMKM dibidang kuliner yang telah sangat berhasil. Semacam Rizka Wahyu Romadhona owner bisnis kuliner Kue Lapis Talas Khas Bogor, Teguh Poerwono Edi owner bisnis kuliner Kue Kacang, Rangga Umara owner bisnis kuliner Pecel Lele, Lela Reza Murhaliman owner bisnis kuliner Keripik Maicih, dan banyak lagi.

 

 

2. UMKM Fashion

 

umkm
umkm adalah

 

Contoh UMKM yang potensial berikutnya ialah bisnis mode. Bisnis mode ini lumayan menjanjikan apalagi mempunyai kemampuan profit yang lumayan besar terutama pada momen- momen hari raya.

 

Ditambah lagi produk mode tidak mempunyai bertepatan pada kadaluarsa, tidak semacam bisnis santapan yang pada biasanya mempunyai bertepatan pada kadaluarsa. Sehingga hendak sangat menguntungkan untuk para pebisnisnya karena produknya tidak dapat rusak.

 

Tidak hanya itu, bisnis ini pula dapat dijalankan secara online dan tidak membutuhkan stok produk. Semacam usaha dropship yang banyak digeluti dikala ini. Sehingga kalian tidak butuh mempunyai modal besar dalam melaksanakan usaha ini. Apalagi cuma Rp. 50. 000 juga, kalian telah dapat melakukannya.

 

Terlebih bila kalian cuma fokus jadi seseorang dropshipper saja. Hingga dapat ditentukan bisnis mode sangat gampang dan tidak terdapat efek dalam melakukannya.

 

Hal ini karena, kalian cuma butuh menjual produk kalian lewat sosial media ataupun marketplace. Kala terdapat orderan, kalian cuma butuh meneruskan orderan tersebut ke owner produk. Lumayan gampang bukan?

 

Buat kedepannya juga, bisnis ini dapat ditentukan hendak senantiasa terdapat. Mengingat tren fashion yang terus berubah bersamaan pergantian era membuat bisnis ini tidak sempat menyudahi berjalan.

 

Baik kalian mau meningkatkan usaha di bagian penciptaan, ataupun jual beli produk mode, baik di toko konvensional, maupun online. Usaha kalian senantiasa potensial kedepannya.

 

Terdapat banyak sekali pengusaha muda berhasil di bidang mode ini. Sebagian antara lain ialah Dea valencia owner bisnis batik, Yasa singgih owner bisnis mode Men’ s Republic, Yukka Harland owner bisnis alas kaki dengan merk Brodo Footwear, dan banyak lagi.

 

 

3. UMKM Pendidikan

 

umkm
umkm adalah

 

Maksud dari bisnis pembelajaran disini adalah semacam membuat tempat- tempat kursus ataupun bimbel buat para pelajar ataupun kemampuan yang lain. Tetapi buat mengawali bisnis dibidang ini, kalian wajib memiliki kemampuan spesial di bidang tertentu semacam pc, matematika, bahasa inggris, dan sebagainya.

 

Ada pula kelebihan dari bisnis ini ialah lebih fleksibel. Kenapa demikian?

 

Hal ini karena bisnis ini bisa kalian jalankan cocok dengan modal yang kalian miliki. Misalkan saja modal yang kalian miliki sedikit, hingga kalian dapat berupaya membuka bisnis les private matematika, bahasa inggris, dan yang lain.

 

Tetapi bila kebalikannya, dimana kalian mempunyai modal yang besar. kalian dapat membuka bisnis playgroup, dan sejenisnya.

 

Tidak cuma itu, bisnis online ini juga sangat potensial buat dibesarkan. Mengingat pembelajaran ialah hal yang utama buat banyak orang dikala ini. Ditambah lagi, bisnis ini pula dapat kalian jalankan secara online lewat bermacam aplikasi pembelajaran ataupun sosial media.

 

Salah satu contoh pengusaha bisnis yang berhasil dibidang ini ialah Sony sugema. Sony ialah pendiri bimbel SSC( Sony Sugema college), yang apalagi dikala ini telah sukses membuka ratusan cabang di bermacam Indonesia.

 

 

4. UMKM Otomotif

 

umkm adalah

 

Bisnis otomotif tercantum kesempatan bisnis yang menjanjikan. Hal ini karena dikala ini juga jumlah kendaraan di segala dunia terus meningkat. Apalagi telah menembus 133 juta unit per tahun 2019 kemudian, dan dapat ditentukan dikala ini juga hendak jauh lebih banyak lagi.

 

Ditambah lagi, terdapatnya kenyataan kalau guna kendaraan bermotor bukan cuma selaku perlengkapan transportasi, namun pula lifestyle ataupun style hidup. Hingga dengan terdapatnya hal ini mungkin orang hendak kerap mengubah mobil ataupun motornya pula hendak terus menjadi besar.

 

Dengan kata lain, dapat ditentukan buat kedepannya. Usaha ini hendak dapat terus maju dan tumbuh.

 

Tidak cuma itu, keuntungan yang didapatkan dari usaha ini pula lumayan menjanjikan. Misalkan saja, usaha bengkel otomotif. Dimana kisaran keuntungannya per hari menggapai ratusan ribu. Rinciannya kurang lebih semacam berikut.

 

kalian mengerjakan 5 motor dalam seharinya dengan bayaran jasa di bengkelnya rata- rata Rp. 65. 000. Jadi dalam satu hari, dapat dikatakan kalian hendak memperoleh keuntungan sebesar Rp. 325. 000 yang maksudnya dalam 1 bulan kalian dapat memperoleh keuntungan sampai Rp. 9. 750. 000. Sangat besar bukan?

 

Belum lagi, kalian pula hendak memperoleh keuntungan dari penjualan onderdilnya. Ditambah lagi, bila kalian dapat mengerjakan lebih dari 5 motor satu hari. Hingga dapat ditentukan, kalian hendak memperoleh keuntungan yang jauh lebih banyak lagi.

 

Ada pula kesempatan bisnis UMKM yang lain di bidang ini ialah rental mobil ataupun motor, jual beli suku cadang kendaraan, dan jasa mencuci kendaraan. kalian dapat memastikan sendiri buat memilah usaha yang mana.

 

Contoh pengusaha berhasil di bidang otomotif ialah Andreas stanley. Yang dikala ini telah mempunyai showroom di Surabaya dengan banyak koleksi mobil elegan di dalamnya. Serta pula dengan keuntungan yang besar nyatanya.

 

 

5. UMKM Agribisnis

 

umkm adalah

Tidak cuma kuliner, bisnis agribisnis pula ialah bisnis yang lumayan menjanjikan. Sebab tercantum kedalam media pemasok santapan yang ialah kebutuhan pokok seluruh orang.

 

Sebagian budidaya agribisnis yang banyak dibesarkan merupakan budidaya jamur, hidroponik, tumbuhan hias, ternak ayam potong ataupun ayam petelur, budidaya tumbuhan rempah, dan jual bibit tumbuhan. Seluruh usaha tersebut rata- rata lumayan menguntungkan buat dibesarkan.

 

Misalnya saja budidaya jamur. Dimana dikala ini permintaan hendak jamur tiram lumayan besar, Tetapi petani jamur tiram sendiri masih sedikit. Sehingga ini nyatanya hendak jadi kesempatan bisnis yang menjanjikan buat kalian.

 

Tidak hingga disana, harga jamur tiram juga lumayan besar. Apalagi bila kalian budidaya jamur tiram dengan baik dan mutu yang dihasilkan pula baik. Hingga dalam dini periode budidaya juga, kalian dapat memperoleh omset keuntungan sampai Rp 5- 15 Juta per bulannya.

 

Terdapat banyak sekali pebisnis di bidang ini yang telah berhasil. Sebagian antara lain ialah Adi pramudya( pengusaha berhasil di bidang pertanian), Fariz nugraha( pengusaha berhasil dibidang hidroponik), Rizal fahreza( milenial pertanian berhasil), dan banyak lagi.

 

Tidak hanya itu, dalam bidang ini kalian pula dapat berupaya usaha agribisnis yang dikombinasikan dengan pariwisata. Misalnya saja, usaha buah- buahan. kalian dapat membuat suatu tempat wisata kebun buah- buahan.

 

Dimana konsepnya ialah kalian dapat mendatangkan para pelanggan langsung ke kebun buah- buahan kalian. Mereka dapat memetik buah- buahan sendiri yang setelah itu kalian dapat bagikan tarif buat tiket masuk dan tiap buah yang mereka ambil.

 

Jadi keuntungan yang kalian miliki pula hendak double. Hasil perkebunan kalian hendak laku, dan kalian pula hendak memperoleh keuntungan bonus dari wisata.

 

Buat menarik wisatawan, kalian dapat berupaya membuat suatu wisata edukatif dan menarik. Semacam gimana bercocok tanam dan memilah buah- buahan yang bagus.

 

 

6. UMKM Tour & Travel

 

umkm adalah

Bisnis tour & travel jadi usaha yang sangat potensial, paling utama buat wilayah pariwisata. Semacam Bali, Lombok, Jawa, dan sebagainya.

 

Lewat bisnis ini, kalian dapat menawarkan paket tour dengan ekstra sarana yang mempermudah para turis buat melaksanakan ekspedisi. Ada pula kelebihan dari bisnis ini ialah pangsa pasar yang lumayan luas.

 

kalian dapat menawarkan bisnis ini mulai dari warga lokal sampai ke mancanegara. Terlebih dikala ini telah terdapat teknologi yang terus menjadi memudahkan buat berbicara apalagi dengan orang luar.

 

Tidak cuma itu, bisnis ini pula anti kadaluarsa. Sehingga kalian tidak butuh takut bila produk kalian tidak terjual dengan kilat. Ditambah lagi, bisnis ini bisa dijalankan secara fleksibel. Apalagi kala kalian dirumah ataupun di tempat tongkrongan, kalian senantiasa dapat melaksanakan bisnis ini.

 

Tidak hanya itu, terdapatnya kenyataan kalau banyak orang yang menggemari liburan. Pastinya hendak membuat bisnis ini terus menjadi potensial buat kalian jalankan.

 

Salah satu pebisnis berhasil di bidang ini ialah Ricky Surya. Bersama dengan 4 orang temannya, Ricky berhasil membuka bisnis travel and tour bernama Lets Get Lost Tour. Apalagi dalam melaksanakan bisnis ini, Ricky cuma bermodalkan laptop ataupun berbasis online, tanpa wajib mempunyai ruang kantor.

 

Ada pula buat omzet per bulannya, rata- rata ia dapat menggaet 58 orang. Dengan omzet menggapai Rp 38 juta. Wow, sangat potensial bukan?

 

 

7. UMKM Produk Kreatif

 

umkm adalah

 

Contoh UMKM berikutnya merupakan bisnis kreatif ataupun kerap diucap dengan kerajinan tangan. Bisnis ini lumayan potensial mengingat harga kerajinan tangan yang lumayan besar dipasaran. Apalagi terdapat yang menggapai ratusan juta.

 

Tidak hanya itu, modal yang diperlukan buat usaha ini juga bukanlah sangat besar, apalagi terdapat yang cuma puluhan ribu rupiah saja. Terlebih bila kalian memilah usaha kerajinan daur ulang beberapa barang yang tidak terpakai. Hingga dapat ditentukan keuntungan kalian pula hendak terus menjadi besar.

 

Tidak cuma itu, dengan melakoni usaha ini, kalian pula dapat sekaligus tingkatkan kreativitas. Hal ini karena membuat kerajinan memerlukan kreativitas besar dalam pembuatannya, terlebih bila kalian membuat suatu anyaman. Jadi, dalam hal ini kalian dapat bekerja sekalian belajar melatih kreativitas.

 

Terdapat banyak sekali kesempatan usaha kecil dan menengah di bidang ini. Mulai dari membuat produk aksesori sampai ornamen buat rumah.

 

Serta buat pebisnis nya sendiri, telah banyak pula yang berhasil. Mulai dari golongan muda sampai berusia. 2 antara lain ialah Eni Suryani dan Made Sutamaya.

 

Eni Suryani ialah seseorang pebisnis kerajinan populer, dengan usaha kayu dan kaleng sisa yang dijadikan benda bernilai jual besar, apalagi omzetnya menggapai jutaan rupiah. Semacam kaleng kerupuk, tenong, guci tempel, ceret angkringan, vas bunga, dan banyak lagi.

 

Sebaliknya Made Sutamaya melaksanakan bisnis furniture dari kayu sisa. Ia membuat kayu- kayu sisa tersebut jadi beberapa barang yang mempunyai nilai jual yang besar. Apalagi dikala ini kerajinannya telah populer di golongan turis asing dan mempunyai dekat 250 mitra bisnis yang tersebar di segala Indonesia.

 

 

8. UMKM Kecantikan ataupun Kosmetik

 

umkm adalah

 

Kosmetik ialah kebutuhan utama para perempuan. Apalagi banyak dari perempuan yang membeli kosmetik bukan cuma buat kebutuhan teratur tiap hari. Namun pula digunakan buat koleksi dari sebagian tipe kosmetik yang unik dan menarik. Sehingga nyatanya membuat bisnis ini sangat potensial buat dibesarkan.

 

Sebagian ilham usaha kosmetik yang bisa jadi dapat kalian coba antara lain membuka toko kosmetik, jadi dropshipper, sampai distributor kosmetik. Tetapi, untuk kalian yang mau mengawali usaha dibidang ini dengan modal yang rendah. kalian dapat berupaya usaha dropshipper.

 

Tidak cuma itu, dengan jadi dropshipper kalian apalagi dapat mengawali usaha tanpa modal sekalipun. Ditambah lagi, kalian dapat melaksanakan usaha dimanapun dan kapanpun kalian ingin. Sangat gampang bukan?

 

Untuk kalian yang tidak menggemari hal berbau online. kalian dapat berupaya mengawali bisnis kecantikan dengan membuka salon. Kesempatan usahanya juga lumayan besar. Mengingat kecantikan jadi prioritas utama untuk banyak perempuan dikala ini.

 

Telah terdapat banyak sekali pebisnis yang sukses menggeluti usaha ini. Apalagi dari golongan artis juga telah banyak terjun ke bidang usaha ini. Salah satu antara lain ialah Tiara Pradita Adikusuma.

 

Tiara ialah owner usaha Polka beauty. Dimana dalam kurun waktu 3 bulan sehabis luncurkan. Produknya sukses menggapai tingkatan penjualan sebesar 8. 000 pieces.

 

Apalagi pada tahun 2019, produk polka dapat menggapai 100- 200 pieces tiap harinya. Dengan omzet menggapai Rp 555 juta perbulannya. Sangat menjanjikan bukan?

 

 

9. Bisnis Event Organizer

 

umkm adalah

 

Contoh UMKM yang bisa jadi dapat kalian coba merupakan bisnis event organizer. bisnis ini tercantum ke dalam bisnis dalam skala kecil sampai menengah, jadi modalnya tidak sangat besar.

 

Tidak cuma itu, bisnis ini pula memiliki kesempatan pasar yang lumayan besar. Mengingat dikala ini banyak sekali industri yang memerlukan peluncuran produk baru. Dalam proses peluncuran inilah diperlukan event organizer.

 

Tidak hanya itu, event organizer ini pula diperlukan dalam acara- acara yang lain. Semacam perkawinan, ulang tahun, khitanan, dan sebagainya. Jadi dapat ditentukan ini memiliki kesempatan usaha yang lumayan menjanjikan buat kalian.

 

Terdapat banyak sekali pelakon usaha berhasil dibidang ini. Salah satu yang sangat populer ialah Gadis Tanjung. Ia mendirikan suatu event organizer bernama Creativepreneur Event Creator yang ialah salah satu event organizer populer dikala ini.

 

 

10. Bisnis Jasa Kebersihan

 

umkm adalah
umkm adalah

 

Usaha jasa kebersihan ialah contoh UMKM yang mempunyai kemampuan yang lumayan besar, paling utama di golongan warga modern saat ini.

 

Terlebih dikala ini warga modern banyak yang lebih suka hal praktis. Sehingga dengan terdapatnya usaha ini, hingga warga nyatanya hendak sangat terbantu. Dengan kata lain, banyak warga yang memerlukan jasa kalian.

 

Tidak cuma itu, usaha ini pula bisa dijalankan dimanapun. Sebab tiap orang memerlukan jasa ini, paling utama di golongan warga perkotaan yang notabenenya mempunyai banyak aktivitas yang lumayan besar dan tidak memiliki waktu buat melaksanakan pekerjaan yang lain, semacam bersih- bersih ini.

 

Ditambah lagi, usaha bisnis ini pula tidak memerlukan pekerja sangat banyak. Apalagi kalian dapat melaksanakannya sendiri. Sehingga nyatanya keuntungan yang kalian miliki pula lebih besar.

 

Dalam hal ini, tidak cuma laundry yang dapat kalian jalankan. kalian pula dapat berupaya meningkatkan tipe yang lain, semacam mensterilkan sepatu, helm, ataupun rumah. Yang nyatanya pula hendak bersama menjanjikan.

 

 

Baca Juga : Bisnis Laundry yang Menggiurkan dan Cara Memulainya Dari Nol

 

 

11. Bisnis Kebutuhan Anak

 

 

Bisnis kebutuhan Anak jadi sesuatu bisnis potensial yang dapat kalian kembangkan. Kenapa demikian?

 

Hal ini karena dikala ini, bisnis kebutuhan anak semacam baby shop belum banyak digeluti. Mayoritas kebutuhan balita dijual terpisah sehingga terkadang menyulitkan pembeli. Dengan terdapatnya baby shop inilah, dapat menolong pembeli sekalian jadi ladang baik buat mengawali bisnis kalian.

 

Tidak cuma itu, terdapatnya kenyataan kalau orang tua memanglah lebih kerap mendahulukan keperluan anak daripada keperluannya sendiri. Bisa jadi dapat jadi alibi pas, kenapa bisnis ini lumayan menjanjikan.

 

Ditambah lagi terdapatnya tren kalau banyak balita yang eksis di dunia sosial. Yang nyatanya memerlukan banyak stok baju dan sejenisnya. Dalam hal inilah, suatu toko balita ataupun anak sangat banyak dicari.

 

Terdapat banyak contoh ilham bisnis kebutuhan anak yang bisa jadi dapat kalian coba. Antara lain peralatan balita, perlengkapan balita, baju anak, dan banyak lagi.

 

Tidak hanya itu, bila kalian memanglah tidak memiliki modal yang lumayan buat melaksanakan usaha ini. kalian dapat berupaya dropshipper spesial kebutuhan balita. Apalagi dengan jadi dropshipper, kalian tidak membutuhkan modal sedikitpun. Sangat menguntungkan bukan?

 

 

12. Bisnis Bidang Teknologi

 

 

UMKM terakhir ialah usaha di bidang teknologi. Usaha ini lumayan menjanjikan paling utama di masa serba mutahir semacam dikala ini.

 

Terlebih dikala ini, mayoritas orang tidak dapat jauh dari teknologi. Ini nyatanya hendak jadi kemampuan besar buat dibesarkan.

 

Disamping itu pula, usaha ini sangat lah fleksibel. Dimana kalian dapat melakukannya dimana saja dan kapan saja kalian ingin. Yang terutama kalian memiliki akses internet.

 

Tidak cuma itu, kalian apalagi dapat melaksanakan usaha ini cuma dengan modal yang sangat sedikit. Misalkan saja kalian melaksanakan bisnis selaku jasa penulis web. Dalam hal ini yang kalian butuhkan cuma skill menulis dan kuota internet saja.

 

Contoh yang lain dari bisnis ini ialah jasa pembuatan web, jasa administrator media sosial, jual beli perlengkapan teknologi, dan sebagainya. kalian cuma tinggal memastikan mau menggeluti usaha yang mana. Namun yakinkan buat sesuaikan dengan keahlian kalian ya.

 

Salah satu pengusaha berhasil populer di bidang ini ialah Achmad Zaky. Ia ialah CEO dari Bukalapak. com.

 

Dimana dikala ini Bukalapak juga telah sukses digunakan oleh lebih dari 10. 000 UMKM dengan sebagian investor besar semacam 500 Startups, Gree van Batavia Incubator, IMJ Investment, dan pula Elang Mahkota Teknologi Tbk( EMTEK Group).

 

Tidak cuma itu, dikala ini Achmad Zaky juga apalagi telah masuk ke dalam 3 Teknopreneur mempengaruhi di Asia.

 

 

 

 

Sudah Mengetahui Tentang UMKM dan Contohnya ?

 

 

Nah sehabis mengenali Apa itu UMKM dan contoh- contohnya. kalian dapat langsung memilah UMKM mana yang hendak kalian jalankan.

 

Umkm adalah tentang bagaimana kita mengelola sumber daya yang kita miliki, dan mengubahnya menjadi sesuatu yang menguntungkan untuk kita, terutama golangan kecil menengah.

 

Tetapi hendaknya dikala melaksanakan usaha ini, kalian pula butuh merancang ataupun mempersiapkannya sebaik bisa jadi. Hal ini bertujuan buat meminimalisir kegagalan kedepannya. Selamat berupaya dan mudah- mudahan menolong.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tertarik dengan Layanan Szeto Consultants

Hubungi kami untuk info lebih lanjut